Culinary Culinary ~ MALALA TOUR INDONESIA

FACEBOOK

Photobucket

Saturday, July 4, 2009

Culinary

RENDANG


Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luarRandang negeri. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu.
Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat Minangkabau. Rendang memiliki filosofi tersendiri[rujukan?] bagi masyarakat Minang Sumatra Barat yaitu musyawarah, yang berangkat dari 4 bahan pokok, yaitu:
1. Dagiang (Daging Sapi), merupakan lambang dari Niniak Mamak (para pemmpin Suku adat)
2. Karambia (Kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual)
3. Lado (Sabai), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan syarak (agama)
4. Pemasak (Bumbu), merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang.

Ampiang Dadiah

DadiahDadiah atau dadih adalah yogurt yang terbuat dari susu kerbau. Dadiah difermentasi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang, yang telah dilayukan di atas api. Proses fermentasi ini kira-kira sekitar 24 jam. Dadiah biasanya dimakan untuk sarapan pagi, dicampur dengan ampiang (sejenis kerupuk dari nasi) dan gula kelapa. Dadiah dapat juga dimakan dengan nasi panas dan sambal. Ada rasa gurih yang renyah di langit-langit mulut saat mengulumnya. Ditingkahi rasa asam yang datang sekilas, makanan ini menimbulkan imajinasi yang luar biasa. Ada kelezatan tiada tara. Paduan gurih dan sekilas asam menjadikan makanan ini tak menimbulkan rasa enek. Itulah Dadiah. Makanan ini bisa disajikan sebagai hidangan penutup.


NASI KAPAU
Nasi KapauNasi Kapau atau nasi campur Padang adalah nasi rames yang dilengkapi seperti ayam panggang ala padang, rendang ayam, dendeng batokok, terong lado hijau, sayur daun singkong, nangka dan lobak , gulai tunjang (kikil), gulai usus, dan lain-lain. Dinamakan nasi Kapau karena bumbu masakan dan cikal bakal nasi rames ini berasal dari daerah Kapau, Kabupaten Agam-Sumatera Barat. Kelezatan nasi campur ini diakui oleh berbagai kalangan masyarakat yang telah berkunjung ke pusat penjualannya di Bukittinggi.

Gulai itiakGulai Ititak
Gulai itiak (itik) makanan khas yang terkenal dari Koto Gadang Agam, di Bukittinggi yang terletak tidak jauh dari Koto Gadang gulai itiak disebut tanak koto gadang. Masakan ini menggunakan itik sebagai bahan dasar, dengan bumbu cabe kriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam, daun jeruk dan daun kunyit. Membuatnya digunakan bebek (itik) muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Hasilnya adalah gulai bebek (itik) yang bewarna hijau. Sensasi pedasnya akan menggoyang lidah, minta tambah.

Sate Padang
Sate PadangMasakan ini telah begitu memasyarakat di Indonesia, bisa dikatakan bisa dijumpai di berbagai pelosok nusantara. Sebenarnya ada beberapa jenis sate yang ada di Sumatera Barat, Sate Pariaman, Sate Darek dan Sate Danguang-danguang (namanya menurut daerah), dan semuanya itu di luar SumateraBarat disebut sate Padang. Sate Pariaman berciri khas saos berwarna merah kecoklatan dan bercita rasa pedas, berasal dari daerah Padang Pariaman. Sate darek saosnya berwarna agak kekuningan dengan cita rasa tidak terlalu pedas, berasal dari wilayah daratan Minangkabau, seperti Padang Panjang dan Agam. Sate Danguang-danguang adalah khas daerah Danguang-danguang, Kabupaten Limapuluh Kota, dengan saos berwarna kuning kecoklatan dan dengan irisan satai yang lebih besar.
Sate Padang memakai bahan daging sapi dan lidah sapi dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai , yang lebih banyak pada Sate Pariaman sehingga rasanya pedas. PSate Padang juoroses pembuatannya, daging segar dimasukkan dalam wadah berisi air dan direbus dua kali agar lunak menggunakan drum dan air yang berbeda. Daging diiris-iris dan dilumuri dengan bumbu dan rempah-rempah. Sementara air rebusan digunakan sebagai kuah kaldu, bahan membuat kuah sate. Lalu kuah kaldu ini dicampur dengan 19 macam bumbu rempah-rempah yang telah dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan serai) dicampur dengan berbagai macam cabai. Seluruh bumbu kemudian dijadikan satu dan dimasak selama 15 menit. Sate sendiri hanya dibakar saat dipesan, menggunakan arang dari tempurung kelapa.


Martabak Mesir
Martabak ini semacam martabak telur, yang dihidangkan dengan kecap encer yang dicampur cuka, bawang Bombay, irisan tomat,dan cabe rawit. Martabak Mesir makanan yang dicari para Martabak Mesirpenggemar kuliner jika berkunjung ke Sumatera Barat. Makanan ini sebenarnya diperkenalkan oleh penyebar agama Islam dari Timur Tengah dan diadopsi menurut cita rasa Minang. Martabak ini juga dikenal dengan nama martabak Kubang, suatu daerah di Kabupaten Limapuluh Kota, yang masyarakatnya mengadopsi resep tersebut dengan cita rasa Minang dan mengkomersilkannya hingga terkenal seperti sekarang ini. Restoran-restoran yang menyajikan hidangan ini umumnya dimiliki dan memakai koki dari daerah Kubang dan selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya.

Dendeng Balado
Dendeng BaladoDendeng balado adalah masakan khas Sumatra Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado.

Dendeng BatokokDendeng Batokok
Dendeng batokok bahan nya sama dengan dendeng balado, bedanya adalah bumbu balado nya bukan memakai cabai merah, namun memakai cabai hijau yang diiris kasar dan daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya daging nya menjadi lembut.

Soto Padang
Soto PadangSoto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bihun (mie dari tepung beras), ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas. Selain di kota Padang Sumatra Barat, hidangan soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia.



Lamang Tapai
LemangLamang atau lemang adalah masakan masyarakat melayu nusantara yang terbuat dari ketan. Lemang di masak dengan santan dan di masak dalam bambu muda. bahan utamanya adalah beras ketam putih, santan kelapa, daun pandan sedikit garam. Beras ketan di cuciLamang Tapai bersihkan dulu dan di masukan kedalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu di lapisi dalamnya degan daun pisang kemudian baru dituankan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api, di jaga jangan samapai ruas bambu ter bakar. Tapai adalah tape beras kertan hitam yang di buat dengan mempermentasikan beras ketan dengan ragi. Bericita rasa manis, sedikit kecut dan beraroma alkohol hasil permentasi ketan. Biasa lemang dan tapai merupakan padanan yang cocok buat berbuka puasa

Karupuak Sanjai
Karupuak Sanjai adalah sejenis peganan kerupuk dari singkong yang diparut tipis lalu digoreng dan diberi garam sebagai penyedapnya. Kerupuk ini amat populer sebagai makanan oleh-oleh khas kota Bukitinggi, Sumatra Barat. Kerupuk sanjai yang diberi bumbu balado dinamakan karupuak balado.



Karak Kaliang
Sejenis makanan kecil khas Bukittinggi yang berbentuk seperti angka 8. Terbuat dari olahan ubi kayu yang diparut dan bercita rasa gurih dan beraroma bawang. Cemilan yang juga telah dikenal oleh berbagai kalangan sebagai oleh-oleh berkunjung di ranah Minang.



Ikan Bilih
Karak kaliangBilih adalah ikan yang hanya bisa hidup pada habitat aslinya, Danau Singkarak. Ikan ini digoreng kering dan dipak dalam kemasan, sehingga bisa tahan berbulan-bulan dan dijual ditoko-toko di sekitar Danau Singkarak. Selain itu rumah makan di sekitar itu juga menyediakan menu yang terbuat dari ikan yang sangat enak dan gurih ini.

Palai Rinuak
palai rinuak

Sejenis pepes anak ikan dari Danau Maninjau. Dengan bumbu pepes biasa dengan rasa sedikit pedas khas Minagkabau. Selain rasanya yang enak makanan ini hanya ada di Maninjau, karena Rinuak (anak ikan sejelis Bilis) hanya hidup di
habitatnya, di danau tersebut.



Pensi

pensi

Makanan sejenis tiram yang berasal dari danau maninjau. Tiram tersebut direbus dengan bumbu-bumbu, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih daun bawang, seledri dan garam.






Rendang Telur
Rendang Telur khas Payakumbuh ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan rendang daging sapi, selain dibuat lebih kering menyerupai abon, rendang ini lebih harum karena bertaburkan daun jeruk yang diiris tipis. Telur yang diolah jadi rendang pun dibuat lebih renyah sehingga begitu memakannya rasa gurih memecah dilidah. Tidak hanya itu bumbu rendang ini terasa sangat legit dan gurih, perpaduan bumbu khas rendang yang merupakan campuran jahe, kunyit dan sejumlah bumbu masak lainnya membuat rasa rendang ini lebih nendang saat anda mengkonsumsinya.
Tidak perlu khawatir, rendang ini tidak cepat basi, sebab rendang yang dibuat kering ini mampu betahan hingga dua bulan.


Galamai
Galamai adalah dodol orang Minangkabau, Payakumbuh adalah pusat pembuatan penganan ini. Galamai terbuatdari tepung beras ketan, gula aren dan santan yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Tepung beras ketan dimasak bersama santan kelapa dengan menggunakan gula tebu atau gula aren dengan menggunakan kuali yang sangat besar. Makanan ini biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan dan pesta adat lainya atau menjelang hari raya. Galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama. Hasil dari masakan ini berbentuk makan yang bewarna hitam mengkilat dan terasa manis. Saat ini Galamai telah dikomersilkan dan dijual dalam kemasan yang bagus

Katupek Pitalah
PitalahLontong sayur khas Nagari Pitalah Tanah Datar yang telah melegenda. Terbuat dari santan, sayur nangka, buncis dan telur. Makan ini pas untuk sarapan anda jika berlibur di ranah Minang. Walau khas tanah datar, tapi umumnya ada sejumlah daerah di Sumbar.



Batiah
Batiah adalah penganan khas Payakumbuh, sejenis cemilan kerupuk yang terbuat dari nasi. Bercita rasa gurih, enak sebagai teman dalam perjalanan anda mengelilingi ranah Minang.






Gulai Lauak Karang & Ikan Bakar

Jenis ikan karang sangat terkenal kelezatannya, diantaranya ikan kerapu, kakap, dan lain-lain. Pesisir Selatan merupakan daerah dengan memiliki kekayaan alam lautnya, ikan merupakan hidangan khas yang sangat dikenal di sini. Gulai ikan karang (terutama, kepala ikan) dan ikan bakar adalah jenis masakan merupakan keahlian penduduk Pesisir Selatan. Banyak rumah makan dari sini yang sangat terkenal dengan “Gulai Ikan Karang”.
kan Bakar

0 Comments:

Post a Comment

Silakan isi komentar anda di bawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More